Jumat, 08 Mei 2009

Lima Menit ‘hari’ Latihan Perdana Vegardian

Bukan sekedar hobi kalau saya dan temen-temen cengengesan di waktu-waktu luang *namanya juga anak muda, hehe* , saat redup malam sosok-sosok aneh kami berkumpul di keremangan rumah Eri, eri bukanlah seorang perempuan muda yang dikerubutin cowo-cowo kesepian tapi eri disini adalah nama anak laki-laki yang memang di takdirkan punya bakat memiliki penampilan seorang gadis. *buat eri.. PEACE*. Kelelawar muda ini sengaja gak sengaja mendeklarasikan anggotanya kumpul di markas angkring’an depan rumah eri untuk berdiskusi santai mengenai aksi manggung pertama kami. Catatan disini, saat ini kami hanya sekumpulan deretan upil di dunia yang luas, eiit.. kejauhan.. Maknanya kami Cuma pemain musik ecek-ecek yang pingin manggung.

Gue yang paling obsesi ngegunain bakat liar kami untuk ngacau’in penonton yang pada kabur ntar kalo takut liat Satwa manggung. Dengan pertanyaan yang emang rada ngegantung sejak dari 3 minggu sebelumnya gue tanya lagi ma temen-temen, “Cuy.. gimana ? Tampil kah kita ?” , pakai muka cengengas-cengenges ngomong nya.. Eh sudah tau cengengesan di jawab juga ama cengengesan yang lain. “Bisa” !! Widih.. kayak listrik roboh nimpa rumah, rumah nya berlalu,. Gak nyangka perjuangan gue ngeyakinin temen-temen satwa gue berhasil. Hahahay… , pake tingkat nada yang setengah berbisik eri ngelanjutin “cuy.. gue harus dapet CW”.



Tebak apa yang terjadi besoknya… Gw matahin beberapa stick, Eri mutusin senar bas, ucun gigitin roda mobil .. ! aris kena depresi sambil teriak-teriak *bubar…. Bubar… BUBARRRR…* , nah si endut saingan gue dalam hal ini size yang paling nge Flow.. “santai aja.. Nikmatin…”.. pake senyum-senyum najong di dukung suasana yang mistis dia ngeramal pake TAROT.

“Kita akan sukses… Ini keliatan tadi malam aku liat pake kartu.. walaupun dengan usaha dan persiapan yang kurang.”


H-2 gue makin panik secara gue yang paling banyak salah dan kacau waktu latihan, tempo dan ketukan gue berantakan, semakin liar gue ngeliat tatapan putus asa orang-orang tersebut tanpa banyak komentar hanya berkata “Tenang aja kita bisa..” secara H-2 kita main ancur mereka malah bilang tenang aja.. Ini lebih menikam perasaan dari pada disuruh nikam orang.

Alkisah malam itu semua personil mendapatkan wangsit, saat bangun dari tidur yang pertama gue inget adalah pengen buru-buru latihan ke studio band, eri mimpi di gagaplokin penonton, aris mimpi semua nya Cuma mimpi di dalam mimpi, ucun masih gigit-gigit ban mobil, sementara novan masih dengan nuansa mistis maen ramal-ramalan di kamarnya, Senyum mengembang tetapi dengan badan yang remuk kita memutuskan maen seadanya saja dan ternyata hal tersebut membantu irama musik kami yang tidak terlalu di paksakan, Senyum mengembang dengan keringat dingin yang pucat pria-pria ini siap terjun ke lapangan hijau festival band hari bumi.

Hari itu gue, novan, dan ucun pergi briefieng menemui panitia untuk mendapatkan pengundian nomor penampilan, alhamdulillah.. kita semua dapet nomor urut 4. Gue jelasin singkat mengenai mitos pentingnya nomor urut untuk pemain pemula seperti kami, urutan 2-5 adalah perform terbaik dimana alat-alat masih dengan set resiko kecil untuk di jahili (baca:dirusak), perform masih segar karena untuk bermain tidak memerlukan waktu yang lama, menjadi patokan untuk band lainnya bila perform bagus, dan penonton cukup antusias untuk sebuah band dengan urutan awal. Tapi kebahagiaan tersebut tidak berlangsung lama, malam saat latihan di studio kembali gue terima konfirmasi dari panitia, begini :

Peserta yang tampil besok tanggal 23 april 2009 adalah dengan no urut :

4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 16

Acara dimulai pada pukul 3 sore.


Jeger!!!! *Petir Nyambar* .. ada apa nih ?? kok bisa nomor 4 dijadikan yang pertama ? lha nomor 1, 2, dan 3 nya kemana ? alhasil setelah dikonfirmasi keesokkan hari pada hari H nya urutan tersebut personilnya sedang mengikuti ujian kata panitia, widih…. Kebetulan bener nih.. hahaha… Gak banyak omong temen-temen gue Cuma ketewa mesem semua.

VEGARDIAN BAND, kami di panggil untuk segera menaiki panggung setelah embel-embel acara lainnya, kami gak peduli penonton yang kita perhati’in saat itu adalah lengkapnya alat di panggung, kocaknya di panggung ga ada gitarnya sama sekali, yang ada Cuma mic dan drum doang, widih….. mas, mba gitarnya mana ?? kita nanya panitia, “iya bentar…” , busyet.. e busyet.. eri ada liat mereka panitia masih nyetem-nyetem gitar nya di belakang, padahal kita udah naek panggung. 5 menit kita senyam-senyum gak jelas di atas panggung di liatin penonton ama jurinya.., gue berpikir mungkin panitia kira kita punya alat semua.. btw karena kita Cuma band eceng gondok kita gak berani protes.

Penampilan Band kita berjalan lancar terlepas dari pose genit vokal dan pose rentenir aris yang dalam hatinya mungkin masih teriak-teriak… *awaas lu gung.. Multimedia gue musti dapet A* … kalo penasaran penampilan Vegardian band yang dibentuk dadakan 5 hari sebelumnya dapat dilihat di video di atas. *PEACE*